Budget Minim? Jangan Ngopi di Bali Pulina Coffee Plantation!

Salah satu things to do di Bali yang tidak boleh kamu lewatkan selain menikmati pantai-pantainya yang cantik adalah berkunjung ke perkebunan kopi. Ya Kopi Bali memang menjadi salah satu jenis kopi yang terkenal di Indonesia. Bagi beberapa para penikmat kopi, bisa dibilang kualitas kopi Bali setara dengan Kopi Gayo, karena memiliki cita rasa dan keharumannya tersendiri. Sebenarnya ada banyak tempat yang menawarkan mempelajari seluk beluk kopi di Bali, mulai dari proses penanamannya hingga proses penyajiannya diatas cangkir, namun salah satu yang paling direkomendasikan twobackpack adalah Bali Pulina Coffee Plantation.

 

Menuju ke Bali Pulina Coffee Plantation

Lokasi Bali Pulina Coffee Plantation berada di derah Tegalalang, Gianyar Bali dengan akses yang cukup mudah. Kalau kamu sedang berkunjung ke Ubud, lokasinya tidak jauh darisana, di utara Ubud.

Ketika masuk ke area agrowisata seluas 1,5 hektar ini, kamu akan disapa oleh pemandu yang selalu siap sedia melayani tamu yang berkunjung. Dari gerbang tersebut kamu akan langsung dipandu ke area kecil perkebunan kopi dan coklat. Disana kamu akan dijelaskan oleh sang pemandu mengenai tanaman kopi, cokelat, dan juga beberapa tanaman herbal yang ada.

Usai dari area perkebunan, kamu akan beralih ke area selanjutnya. Disini kamu akan dijelaskan mengenai bagaimana biji kopi diproses. Mulai dari pemetikan, penjemuran, hingga pemanggangan. Oh iya disini ada area khusus penangkaran Luwak. Yup di area ini kamu akan dijelaskan lebih detail mengenai kopi Luwak.

 

Ngopi Sambil Menikmati Pemandangan Ciamik!

Bagi saya yang telah familiar dengan tur agro kopi seperti ini, yang paling ditunggu-tunggu adalah sesi terakhirnya, yaitu menikmati secangkir kopi hangat dengan pemandangan cantik lereng perkebunan.

Yup, sesi terakhir dari tur agrowisata di Bali Pulina adalah testing kopi!

Di sesi ini kamu akan disuguhi sebuah bilah papan yang berisi beberapa sloki/cangkir kecil. Kedelapan cangkir-cangkir kecil ini memiliki jenis minuman yang berbeda-beda, yaitu Lemon Tea, Ginger Tea, Ginger Coffee, Ginseng Coffee, Chocolate Coffee, Vailla Coffee, Balinese Coffee, dan terakhir Pure Chocolate. Dengan sebuah sendok kecil kamu akan dipersilahkan untuk mencicipi semuanya.

   

Usai mencicipi kesemua jenisnya, pilihlah satu jenis minuman yang ingin kamu jadikan teman menikmati pemandangan disini. Pramusaji akan datang dengan minuman yang telah kamu pilih beserta dengan cemilan ringan berupa pisang goreng, lupis dan keripik singkong. Ah nikmatnya..

Kopi Bali yang dipilih untuk menemani pisang goreng dan kue lupis

Salah satu keunggulan dari Bali Pulina Coffee Plantation yang tidak dimiliki tempat plantation sejenis lainnya adalah tempat ini memiliki sebuah anjungan dari kayu yang berbentuk daun kopi. Anjungan/dek kayu ini tepat berada di pinggir lereng perkebunan. Jadi pemandangannya ciamik banget!

 

 

Budget minim? Jangan kesini!

Jika tertarik untuk tur kopi dan ngopi ganteng nan cantik di Bali Pulina, kamu harus merogoh kocekmu lebih dalam ya guys. Bagi kamu wisatawan domestik dikenakan biaya sebesar Rp 100,000/orang untuk dapat mengunjungi tempat ini. Kalau ingin mencicipi secangkir kopi Luwak bertambah Rp 50,000. Lumayan bikin lumanyun kan…

Bagi twobackpack sendiri, harga tersebut tidak menjadi masalah karena toh kamu pasti hanya mengunjunginya sekali saja. Tidak setiap saat ke Bali kamu mengunjunginya. Lagipula pemandangan dan spotnya instagramable banget! Lumayan untuk materi instagram seminggu dua minggu :p

Klien Klayap di Bali Pulina Coffee Plantation

Sekedar saran dari twobacpack yang juga telah teruji karena sudah dipraktekan:

Begitu disuguhi 8 cangkir kecil tester, jangan cuma dicicip satu dua sendok guys. Jangan ragu untuk habiskan ke semua cangkirnya hingga tetes terakhir! Ingat kalau kamu disana mengeluarkan uang Rp 100,000 #gakmaurugi

Tapi bagi kamu yang benar-benar budget liburannya minim (pake banget), saran twobackpack mending ngopi di pinggir pantai saja. Gak usah gengsi, karena toh pemandangannya tak kalah ciamik.

Menikmati secangkir kopi sachetan 5-ribuan ditemani pemandangan akang-akang bule ganteng yang lagi surfing, juga teteh-teteh bule yang lagi berjemur. Love it! Bahagia itu sederhana guys! 😛

Anyway bytheway semlohay kamu dapat merencanakan traveling kamu ke Bali dengan Klayap ya guys. Tinggal sebutkan budget kamu, durasi waktu yang tersedia, juga preferensi aktivitasnya seperti apa. Nanti team Klayap akan merancang tripnya untuk kamu. Istimewa gak pakai ribet!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *